Kamis, 27 Mei 2010

about leader

pimpinan itu harus tegas! (saya setuju)

pimpinan itu harus berwibawa! (hal yang tidak bisa ditawar)

pimpinan itu harus pintar! (so pasti)

***

tapi jika hanya 3 hal di atas yang dilakukan dan menjadi harga mati untuk membentuk sebuah 'image' seorang pemimpin, maka anda telah berhasil. ya, anda akan berhasil membentuk sebuah karakter seorang pemimpin yang keras, menyeramkan, killer dan hal hal lain yang akan kurang disukai oleh bawahan anda.

pimpinan pintar (secara akademis), itu hal yang tidak diragukan, terbukti dengan karier anda yang berhasil menempatkan anda menjadi seorang pimpinan di sebuah institusi. tapi sebaiknya seorang pimpinan juga 'pintar' menempatkan diri dalam situasi dan kondisi yang berbeda di setiap tempat.setiap tempat memiliki kultur budaya dan adat istiadat yang berbeda, dan seorang pimpinan harus bisa memahami dan belajar tentang hal itu. coba untuk memahami kondisi bawahan anda, tidak semua tempat sama

pimpinan harus berwibawa, tentu. sebagai seorang pimpinan anda harus menjaga kewibawaan anda pribadi dan institusi yang anda pimpin. tapi hal-hal kecil yang sering terlupakan adalah ketika kewibawaan anda menghalangi bahkan menutup mata anda untuk bertegur sapa atau membalas senyuman tulus bawahan anda ketika bertemu. atau sekedar memangiil bawahan anda dengan langsung memakai nama bukan dengan panggilan mas (saya selalu senang dipanggil oleh atasan dengan memakai nama sekaligus takjub dengan atasan yang hapal semua nama bawahannya). percayalah, itu sungguh hal yang kecil dan sering anda jumpai setiap harinya...jika hal itu anda lakukan, tidak akan sama sekali menjatuhkan wibawa anda sebagai seorang pimpinan justru akan sebaliknya.

pimpinan harus tegas, hal yang tidak bisa ditawar. tapi bukan berarti anda bisa menghakimi seseorang terutama bawahan anda hanya dengan sekali lihat, bukan berarti anda bisa 'memfatwakan' sebuah hal menjadi haram atau sebuah hal menjadi wajib, bukan berarti anda bisa membuat peraturan sendiri tanpa mengajak kompromi atau meminta masukan dari bawahan anda yang justru berada di lapangan langsung. kalau hal itu terjadi maka itu namanya otoriter


14 komentar:

  1. tulisan curhat sebagai bentuk ketidak-senangan akan pertemuan dengan tipe pemimpin yang otoriter?

    BalasHapus
  2. Dan bawahan 'harus' loyal pada atasan. Dan loyal pun termasuk melakukan yang pada kondisi normal dilarang namun ketika berupa perintah menjadi wajib..haha..

    curcol kak?

    BalasHapus
  3. Pemimpin itu khadimat bagi bawahannya :D. TFS put

    BalasHapus
  4. hem..sebuah pandangan pribadi setelah berinteraksi baru baru ini..semoga ke depannya ada perubahan berarti :)

    BalasHapus
  5. hahahaha, komen kau jugo curhat ri :D

    BalasHapus
  6. Nak buat tulisan jugo tentang atasan minggu ini, coz banyak ganjelan..haha.. Tapi kerno ado yang curhat duluan laju nebeng b biar dak terlalu kejingo'an..haha..

    BalasHapus
  7. sama sama di,

    khadimat bagi bawahn?hem...keren juga

    BalasHapus
  8. hehe, kalo bos punyo MP pacak bahayo jugo kali ri, :D

    BalasHapus
  9. Na untungnyo beda komunitas.. Dan beda generasi..haha..

    BalasHapus
  10. uda lamo dak buka mp, pas liat inbox, ado tulisan kayak ini...
    *dalem jugo ye, hahahah

    kakak, kalo mp ini cak fb sudah irin like kak!
    apa perlu disebut merk...???
    jiyahahaha

    BalasHapus
  11. woooogh uda lamo dak buka mp, eh pas liat inbox ado tulisan ini
    *dalem jugo yo kak, ahahhaa

    sbernyo irin jg pengen nulis cak ini, cuma la keduluan kk
    *ngemeng, padahal males :p

    kalo mp ni cak fb, uda irin like kak!
    apa perlu sebutt merk???
    *dendam membara, hahaha

    BalasHapus
  12. haha, kito segenerasi ri, masih mudooo :D

    BalasHapus
  13. hahaha,

    *celingak celinguk takut ado mato mato*

    BalasHapus