Jumat, 08 Januari 2010

lampu siang motor dan helm batok

seminggu terakhir ini ada pemandangan berbeda di pagi harinya setiap berangkat ngantor. di jalan-jalan protokol, setiap persimpangan , lajur putaran, dan lampu merah ada polisi yang bertugas disana. mengatur lalu lintas agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan, entah ini dalam hal operasi apa.

Para polisi juga menginstruksikan kepada setiap pengendara motor untuk menyalakan lampu utama kendaraan di siang hari. Awalnya sih cuek aja gak nyalain lampu utama motor pas pagi, setelah diberhentikan di lampu merah dan ditegur langsung oleh bapak pulisi untuk menyalakan lampu, baru deh nyalain lampu (sebuah kebiasaan kalo gak ditegur langsung, gak bakal nyalain dah :p)

pas di lampu merah simpang Polda kemaren ada sedikit percakapan antara kakek pengendara sepeda motor (KPSM) dengan bapak polisi (BP)


***

BP : pagi kek (sambil member hormat), tolong nyalakan lampu utamanya!! *sambil menunjukkan plang bertuliskan “motor wajib ngedupke lampu siang ari”

KPSM : lha??kan masih pagi pak, untuk apa nyalain lampu?emang kelihatan??

BP : maaf pak, ini untuk mencegah agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan (kecelakaan yang disebabkan oleh sepeda motor, red) akhir akhir ini yang marak terjadi

KPSM : okelah kalau memang begitu pak *sembari menyalakan lampu utama motornya”

BP : nah, sekarang urusan keamanan bapak, kenapa bapak masih memakai helm yang tidak safety dan SNI itu pak?? * menunjuk helm batok putih yang dipake si bapak*

KPSM : helm ini pak *sembari membuka helm yang dipakai*, memang kenapa pak dengan helm ini?

BP : waduh….bapak ketinggalan berita ni, ini helm sudah tidak laku dijual pak di toko atau bengkel motor. Helm ginian sudah berubah fungsi, bukan buat dipake bermotor lagi, tapi buat gantiin gayung mandi!!

KPSM : ah..masa sih pak??

BP : lha iya, kalau gak percaya Tanya aja di bengkel bengkel motor *sembari tersenyum dan berlalu karena lampu sudah menyala hijau*

 

***


 






  

28 komentar:

  1. Hahaha emg bnr bgt! Peraturan bwt nyalain lmpu motor siang hari itu emg aneh bgt! Ngabisin aki.. Pdhl udh lama peraturan ini dicuekin y,entah knapa tb2 marak lg.

    BalasHapus
  2. dari berita yang pernah saya baca, menyalakan lampu utama di siang hari tujuannya agar lebih mudah dilihat oleh pengguna jalan lain (terutama mobil sih) sehingga meningkatkan kewaspadaan

    dalam bayangan saya, misalnya ada motor yang sedang jalan di belakang mobil dan hendak menyalip, dengan menyalakan lampu, motor akan lebih mudah terlihat oleh pengemudi mobil

    sebenarnya ada yang lebih penting daripada sekadar menindak rider yang tidak menyalakan lampu utamanya yaitu menindak rider yang lampu rem dan/atau lampu sign-nya mati. suka nyebelin tuh, saya jadi nggak tahu kalau rider di depan saya ngerem

    BalasHapus
  3. nah yang keduo itu setuju nian.yg lampu sign nya gak nyala atau sudah nyala tapi lupa matikan..menyebalkan!

    BalasHapus
  4. ada yang lucu... di salah satu kntor polisi di padang, dipajng helm2 batok hasil sitaan.. nih linknya http://uniwen.multiply.com/photos/album/26/helm_anda_tertahan_di_sini?replies_read=2

    BalasHapus
  5. menghidupkan lampu di siang hari.. tidak mendukung program hemat energi sama sekali...ckckckck.. siapa sih yang buat program pemborosan seperti ini?

    BalasHapus
  6. Kq gak ngeh ya, klo pengendara motor wajib nyalain lampu siang2^^
    Betul itu kak harry, gmn mw hemat energi ya? Emangnya ng-efek ya, jdnya ada penurunan kasus kecelakaan lalu lintas gitu? Hm..

    BalasHapus
  7. rasanya kalo di kota besar sudah lama.kalo di palembang sini, saya baru liat sekarang program DRL ini

    BalasHapus
  8. busettt..tinggi segitu tumpukannya, hehehe

    BalasHapus
  9. makasih mas linknya. saya barutau kalo nama programnya DRL.kalo bagi pengendara mobil, program ini memang sangat membantu sekali..

    BalasHapus
  10. cobalah untuk mengurangi tidur siang (apa hubungannya)

    kalo untuk pengendara mobil, memang terbantu dengan program ini.selama ini katanya yang sering ugal ugalan di jalan raya kan pengendara motor

    BalasHapus
  11. Ya kalo mau hemat energi bisa pake sepeda atau jalan kaki untuk jarak pendek, bisa pake kendaraan umum untuk jarak jauh.
    Ga repot kok cuma males aja.

    Angka kecelakaan di daerah yang lampunya dinyalakan lebih sedikit daripada yang tidak.
    Ada alasan "sèrab - silau", justru dengan begitu jadi lebih waspada.
    Daripada cuma lampu kedip yang malah lebih bahaya+boros

    BalasHapus
  12. Ouwh, trnyata bermanfaat ya,

    Hihihi.. Lg bayangin pake gayung smbil bermotor, trus helm batokny jd gayung di rumah.

    BalasHapus
  13. saya gak bilang begitu ^^v

    tapi emang egonya kalo lagi bawa motor beda dibanding lagi bawa mobil, *pembenaran*

    BalasHapus
  14. hahaha, kreatif nian mbayanginnyo ^^V

    BalasHapus
  15. iya, saya juga terbuka pikirannya setelah mbaca link di atas mas :)

    BalasHapus
  16. ini percakapan beneran ga sih?

    tapi memang peraturan berkendara banyak yang berubah tahun 2010 ini..jadi serem..

    BalasHapus
  17. namanya juga lupa put..kalo ga lupa, itu sih malaikat

    *ngerasa suka lupa matiin lampu sign dari kelapa dua sampe margonda* :p

    BalasHapus
  18. hahaha, tapi tapi masa lupa terus di??

    mengundang bahaya tu

    BalasHapus
  19. bener di, kakeknya persis di sebelahku pas lampu merahnya

    BalasHapus
  20. Justru aku sering lupa akhir-akhir ini, karena sebelumnya ga pernah lupa, jadi ga ngeh kalo sign-nya masih nyala. Ga setiap hari ko lupanya. Makanya, kalo ketemu yang kaya gitu diingetin aja, siapa tau dia beneran lupa :)

    BalasHapus