Rabu, 04 Maret 2009

(sebuah) batasan

setiap sesuatu yang dimulai tentu akan ada akhirnya. akhirnya itulah yang dikatakan sebuah batas. setiap perlombaan yang dimulai dari start akan berujung pada sebuah kata finish. kata finish itulah yang dikatakan sebuah batas. dan hal-hal lain yang tentu (harus) mempunyai batas.termasuk (nikmat) kesehatan.

dan tatkala semua itu melampaui batas, tentu tidak akan menimbulkan kebaikan sama sekali. bayangkan sebuah perlombaan lari yang dimulai dari start. semua pelari memacu kakinya secepat mungkin untuk berlomba-lomba mencapai garis finish sebagai batasnya. dan tatkala mereka telah mencapai batas tersebut, mereka tidak menghentikan langkah kakinya.terus berlari entah mau sampai kemana?!mereka telah melampaui batasan yang telah diberikan.dan mereka sendiri yang akan rugi,karena terus berlari tanpa tujuan.

bayangkan lagi seorang anak jalanan yang sudah beberapa hari tidak makan. lalu ada orang yang berbaik hati mengajak anak ini dan mentraktirnya makan sepuasnya. tentu anak ini akan senang sekali. tatkala makan dihidangkan, si anak dengan lahapnya memulai makannny dengan kata lapar. dimana seharusnya batasan si anak untuk berhenti?tentu adalah kata kenyang yang mengharuskannya untuk cukup dan berhenti makan. tapi ketika si anak tidak memperdulikan batasan (kata) kenyang itu, apa yang akan terjadi?!silahkan anda bayangkan sendiri

sama halnya dengan (nikmat) kesehatan yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa. tatkala kesehatan itu digunakan terus menerus tanpa memperhatikan batasannya, (kata) istirahat, tentu akan terjadi hal yang tidak baik.

***

ya, semua itu ada batasnya.tiap orang punya batasan masing-masing.jangan lupakan batasan-batasan itu.karena sungguh ALLAH tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas

rembulan tenggelam di wajahmu

2 komentar: