Rabu, 09 September 2009

berburu uang pecahan baru (THR)


''mau nuker uang dua ribuan baru gk?"

"eh, udah nuker uang pecahan ribuan baru belum?"

"itu mas/mbak A punya uang dua ribuan baru banyak, mo nuker gak, mumpung ada"?

dan pertanyaan-pertanyaan sejenis pertanyaan di atas.....




***

minggu-minggu terakhir ini , orang-orang semakin disibukkan dengan berbagai aktivitas khas menjelang berakhirnya ramadhan, idul fitri. beragam kesibukan menjadi pemandangan biasa menjelang libur lebaran. mulai dari berburu tiket pulang kampung (bagi yang punya kampung), berburu pakaian lebaran (ada yang ngajakin saya ke tanah abang lho :p ), berburu bahan-bahan makanan untuk persiapan lebaran dan yang paling ramak dibicarakan adalah berburu THR (Tunjangan Hari Raya, begitu katanya)


aktivitas berburu terakhir, entah siapa yang memulai pertama kalinya. sudah menjadi fenomena bahwa lebaran harus ada THR. gak ada THR gak rame, eh salah...maksutnya, gak ada THR gak lebaran namanya, hehehe. masih lekat dalam ingatan, ipung kecil yang tiap lebaran selalu pasang senyuman malu-malu nan terbaik untuk mendapatkan THR dari om dan bibi dari keluarganya tiap kali lebaran. ketika THR diberikan, langsung meloncat kegirangan, walaupun sebelum diberi  biasanya diinterogasi dulu dengan pertanyaan-pertanyaan , "sekarang kelas berapa?, puasanya dapet berapa hari?", ya...pertanyaan yang menjadi acuan standar dalam mendapatkan besarnya THR. jadi dengan kata lain, senyum malu-malu nan terbaiknya gak mempan fren, hehehe.


entah, terakhir kali menerima THR kapan. sekarang berganti jadi pemberi THR. alhamdulilah semenjak diberikan rezeki oleh ALLAH untuk mencari penghasilan sendiri, berkesempatan untuk memberi yang namanya THR kepada sepupu-sepupu dari keluarga.


zaman sekarang berbeda dengan dahulu. ipung kecil, sewaktu menerima THR, berapa pun itu sudah cukup senang kalau yang diberikan itu adalah uang pecahan baru yang biasanya berasal dari bank dengan bau yang khas pula, tapi anak-anak zaman sekarang tidak cukup dengan uang pecahan baru saja tapi melihat nominalnya juga. zaman ipung kecil, anak-anak yang mendapatkan puasa 1 bulan penuh berbeda dengan anak-anak yang puasanya bolong-bolong. ya, meski masih ada juga keluarga yang menerapkan hal-hal tersebut dalam pemberian THR :)


ya..begitulah fenomena THR. saat-saat seperti ini, bank akan laris dikunjungi oleh masyarakat. uang pecahan baru menjadi primadona. dan anak-anak seperti ipung akan menyiapkan senyuman terbaiknya ketika antrian itu tiba pada saatnya nanti.


eh iya, yang jadi selebriti kalo udah gini adalah bendahara kantor :D


***

saat kesibukan 'berburu' itu semua menyebabkan masjid-masjid kosong, 10 hari terakhir yang sayang untuk disia-siakan

11 komentar:

  1. makanya beberapa bulan yang lalu waktu bendahara sini punya uang pecahan baru lumayan banyak langsung nukerin duluan, lumayan daripada ngantri/rebutan mepet-mepet lebaran...

    BalasHapus
  2. bener banget mbak lei.kalo udah begini, yang jadi selebriti adalah bendahara kantor, :D

    BalasHapus
  3. dan pecahan uang baru apalagi kalo masih lurus, ga lecek, dan baunya khas bau duit, menambah kebahagiaan di hati anak-anak itu, hiks..kalo aku gabisa ngasih THR tapi juga ga ada yang ngasih THR u_u

    BalasHapus
  4. Jadi, ipung puasanya dpt berapa hari? :D

    BalasHapus
  5. Wah, ipung sudah jadi pemberi THR y..
    Kira2 ipung mw ngsh Thr ke aq gk y? *ngarep mode on*
    huehehe

    BalasHapus
  6. ipung yang mana an?ipung kecil ato ipung dewasa?:p

    BalasHapus
  7. bedul om.kalo udah ngeliat uang baru nan berbau khas itu, kue lebaran pun terlupakan ko', hehehe.bukan gakbisa, tapi belum bisa aja kali ya :)

    BalasHapus
  8. ntar masuk aja di barisan kanak-kanan yang ngantri itu. tunggu giliran sambil pasang senyuman terbaik

    :)

    BalasHapus
  9. Keponakan yg umurny 4 thn aja udah g mw dksh 1rb:O

    BalasHapus
  10. hehe, diajarin sama tantenya kali?:p

    BalasHapus
  11. om,,,om. bagi THR nya donk!

    *tuing*

    BalasHapus