Rabu, 07 Januari 2009

Terus (belajar) menulis

ya, itu salah satu judul blog seorang teman-bisa dikatakan seperti itu, walau aku sendiri pun tidak mengenalnya dan dia juga tidak mengenal saya-, tapi begitulah di dunia per-blog-an meski kita tidak-lebih pantas menggunakan kata belum kali ya- ya, walaupun belum saling mengenal, semua blogger itu adalah teman.cieee, gayabanget ya padahal masih bloger pemula juga.wakakakak *getok2 kepala*

entah mengapa setelah membaca tulisan teman saya itu, semangat untuk menulis itu kembali muncul, walaupun terkadang bingung harus menulis apa??-mungkin ini juga hal yang dialami teman-teman ketika menulis-???

ada yang mau menjawab?sepertinya jawabannya iya. Masalah pertama yang dialami penulis pemula seperti kita (kita???gak salah lo!lo aja kali) hehehe, iya2, masalah klasik yang dialami oleh penulis pemula seperti SAYA -

puas2??- adalah ketika memulai kalimat eh bukan dink, kata, eh bukan juga malah memulai huruf pertama yang akan ditekan itu apa (gubrak!!!), parahbanget kan??huruf pertama yang mo ditekan aja bingung….,hahahaha, tenang2, justru disitulah letak seni dari menulis itu.


ketika kita memulai sesuatu itu dengan usaha yang susah payah terlebih harus membuat dahi berkerut, keringat bercucuran, memutar otak(beuh,seyem), dan mengeluarkan segala kemampuan kita niscaya hasil yang didapat akan membuat kita tersenyum. tentu saja hal ini tidak langsung terjadi secara instan-emang lu kata mie-, mungkin pada saat tulisan pertama kalian, kalian akan berplikir ulang untuk mem-publish-kannya.

saya tidak bilang kalau tulisan kalian itu jelek, tapi mungkin ada sedikit rasa minder untuk mem-publish- tulisan itu, tapi buang rasa itu jauh-jauh!!yang hanya harus kalian lakukan adalah mem-publish-kannya lalu menulislah lagi. inilah hal yang kadang dilupakan oleh setiap orang yang ingin menulis.

ketika tulisan itu telah selesai, tidak akan ada gunanya sama sekali ketika tulisan itu hanya tersimpan di laci anda. segera umumkan!!!kalau masih ingin menutup diri, caranya gampang sekali. seperti tulisan ini , anda tinggal membuat blog di dunia maya dan penggemar internet bisa menikmati tulisan anda tanpa perlu tahu identitas penulis. (gitu aja ko repot)


tentu ada makna dari setiap tulisan, pun tulisan pertama kita tadi yang acak kadut, lantas apa yang bisa diambil pembaca setelah membaca tulisan pertama kita tadi???mereka bisa menilai bahwa penulis tsb telah melakukan usaha yang extra untuk membuat sebuah tulisan.menggambarkan sebuah kesungguhan akan sebuah niat yang telah ditancapkan.

ketika dia telah meniatkan untuk menulis sesuatu, tentu harus dengan usaha -tidak serta merta tulisan itu jadi hanya dengan niat semata-, apalagi bagi penulis pemula (seperti saya)

jadi, jangan pernah berhenti untuk menulis, jangan memikirkan mau menulis apa? tapi tulislah apa saja yang bisa kalian tulis, tulislah semua yang anda alami, yang anda temui, dan yang anda pikirkan. jangan terus berpikir untuk siapa dan untuk apa anda menulis, karena tulisan itu setidaknya akan bermanfaat bagi diri anda pribadi.

……………………………………………………………………………………….

Teruslah menulis,
Karena kamu sadari atau tidak,
kelak satu hari nanti,
Tulisan kamu akan berguna untuk orang lain. 

Tulislah apa yg kamu lihat, kamu dengar,
kamu rasa, kamu suka, kamu alami
secara jujur dan dengan nurani yg murni. 

Tulisanlah yg membuka mata yg buta,
tulisanlah yg mengajar orang yg tak tau,
tulisanlah yg memberi kesejukan hati,
tulisan jua yang memberi garis panduan hidup,
tulisanlah yg mengawali sebuah budaya
dan tulaisanlah juga yg bisa menghancurkan Dunia. 

so, teruslah menulis fren!!!

SEMANGKA!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar