Minggu, 21 Juni 2009

dua puluh dua

"usia mu berapa sekarang mas??"

dua puluh dua pak, jawab anak muda tersebut spontan tanpa memalingkan wajahnya dari benda berlayar berdimensi 98 x 53 x 13.9 mm di tangannya. tetap asik menekan tuts tombolnya tanpa memperdulikan lawan bicara yg baru bertanya di sampingnya.

owh, masih muda ternyata.sebaiknya jangan menikah dulu di usia sekarang, usia segitu masih terlalu labil untuk berumah tangga.ya...meskipun saya sendiri dulu menikah di usia dua puluh dua, pria berjas hitam berlampangkan logo kepolisian itu melanjutkan pembicaraan.

spontan pria muda itu menoleh dan menghentikan aktivitas sms ria nya.memasukan handphone ke saku jaket dan kini memandang lawan bicaranya .

 " ya, untuk ukuran seorang laki-laki, menikah di usia dua puluh dua itu masih tergolong muda.masih tergolong usia labil untuk memegang tanggungjawab sebagai kepala keluarga. saya tidak mengatakan , laki-laki yang menikah di usia dua puluh dua itu tidak berhasil menjadi kepala keluarga yang baik.

hanya saja seperti yang saya alami sendiri, usia segitu saya harus banyak belajar untuk menjadi kepala keluarga. butuh satu hingga dua tahun bagi saya mematangkan dan mendewasakan sikap.mengubah orientasi pemikiran dari bujangan menjadi berkeluarga. dari laki-laki menjadi pria dewasa. dari seorang anak muda menjadi seorang kepala keluaga. dan dari seorang jama'ah menjadi imam keluarga, pria berjas hitam itu berkata tanpa menoleh kepada anak muda tersebut.

terus menatap ke depan, pria itu melanjutkan pembicaraan "kira-kira dua atau tiga tahun lagi, itu adalah usia yang matang untuk berkeluarga anak muda.

Dua atau tiga tahun lagi?dua puluh lima tahun, anak muda berhitung dalam hati.hem…sambil menatap keluar jendela bus , dia tersenyum.

10 komentar:

  1. Ini cerita flashback kah? Hmm..
    *ikut tersenyum..

    BalasHapus
  2. flashback???

    iyah, baru 3 minggu yg lalu kalo gaksalah :)

    BalasHapus
  3. Belajar dan terus belajar...
    Asala jangan keasyikan belajar terus malas praktiknya.

    BalasHapus
  4. Setuju sama tuh bapak pulisi!!

    Aku sendiri suka berdecak kagum kalao ada cowo yg nikah pas di usia 25 lhoohh...berarti itu pria hebaddd...^^

    BalasHapus
  5. sip..do'anya saja mb' biar gak keasikan belajar :)

    BalasHapus
  6. ehem..ehem...

    mb wucil curhat colongan nie ^^v

    nb : ternyata si bapak bukan anggota pulisi, cuma pake jas yg dipasangin lambang pulisi :)

    BalasHapus
  7. masih ga ngerti tentang ini (red,curhat colongan)
    jelasin dong, maksudnya apa tuh?

    BalasHapus
  8. ya curhat nyolong-nyolong gitu mb.pas ada kesempatan, jadinya nyolong curhat dech.ya curhat colongan lah ,jadi bingung ngejelasinyya :(

    BalasHapus